UNIVERSITAS HASANUDDIN

  • id

PROGRAM STUDI GEOFISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

oleh Riana Trisartika (H22116304)

Makassar 2018, Pada tanggal 15 – 16 Agustus 2017 Program Studi Geofisika Universitas Hasanuddin telah mengadakan Workshop yang berjudul “Safety Mining Operation” bertempat di Gedung TNR Lt.2 Program Studi Geofisika Universitas Hasanuddin yang dibawakan oleh Bapak Basdar Parwansah BS selaku Alumni Geofisika (2007) Universitas Hasanuddin, pemateri juga merupakan Pekerja di PT Pama Persada sebagai Kepala Bagian Operasi Sertifikasi, Workshop diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut dengan jumlah peserta 15 orang yang berasal dari Mahasiswa Geofisika angkatan 2013, 2014, 2015 dan 2016 Universitas Hasanuddin.

Pada hari pertama, Workshop dimulai pada pukul 07.30 – 17.00 WITA dan dibuka langsung oleh pemateri, pada sesi pertama partisipan disajikan outline yang akan dibahas dan dibatasi dengan 5 materi diantaranya: HSE Value + K3LH Regulations, Personal Protective Equipment, Basic Environment, Basic Fire dan Basic Health. Setiap materi dibawakan dengan baik dalam bentuk Power point dan Video serta Partisipan juga diajak langsung untuk mengetahui masalah-masalah Seputar Kesehatan dan Keselamatan di Perusahaan pada khususnya. Setiap materi berlangsung selama 2 jam dan selebihnya digunakan untuk sesi sharing pengalaman bersama pemateri seputar tantangan-tantangan yang mahasiswa Geofisika biasanya akan dapatkan saat masuk dalam dunia kerja, seperti wokrshop lainnya terdapat coffee break yang digunakan untuk beristirahat dan menikmati snack yang disediakan oleh panitia.

Pada hari kedua, materi dilanjutkan dengan membahas: K3LH at Operasi Tambang, IBPR, JSA, Engineering Safety, dan materi tambahan mengenai tips dan trik lolos Interview dan cara membuat Curiculum Vitae yang baik bagi Fresh Graduate. Pada materi terakhir peserta langsung diarahkan untuk membuat CV dan akan diberi masukan langsung oleh pemateri mengenai kekurangan dan hal apa yang harus ditambahkan peserta pada CV nya agar menarik. Pada hari terakhir workshop berjalan dengan baik dan berakhir dengan foto bersama peserta dan pemateri. Berharap Workshop oleh Alumni ini dapat menjadi agenda tahunan oleh Program studi Geofisika agar terjadi regenerasi yang baik untuk Alumni dan Mahasiswa.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *