UNIVERSITAS HASANUDDIN

  • id
  • en

DEPARTEMEN GEOFISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Sebanyak tiga jurnal di lingkungan Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali terakreditasi Science and Technology Index (SINTA). Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti Nomor 10/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2019 terdapat tiga jurnal baru yang masuk.

Ketiga jurnal ilmiah tersebut diterbitkan oleh Fakultas MIPA, yaitu Jurnal Matematika, Statistika, dan Komputasi, serta Jurnal Geocelebes. Masing-masing memiliki peringkat Sinta empat. Jurnal Biologi Makassar (BIOMA) memperoleh peringkat SINTA enam. Pada periode sebelumnya, Unhas telah memiliki 11 jurnal yang terakreditasi. Jika ditotal kini jumlah jurnal terakreditasi SINTA sudah mencapai 14.

Demikian disampaikan, Kepala Publication Management Center (PMC) Unhas, Muh Arsyad PhD. Ia menjelaskan bahwa dirinya diberi mandat untuk mendorong akreditasi jurnal-jurnal ilmiah yang ada di lingkungan Unhas. “Hingga tahun 2018, hanya ada 4 jurnal di Unhas yang terakreditasi. Padahal kita memiliki 74 jurnal yang tersebar di seluruh program studi. Kami melakukan berbagai pendekatan strategis untuk mendorong akreditasi jurnal ini. Alhamdulillah, sekarang sudah mencapai 14 jurnal terakreditasi SINTA,” kata Arsyad melalui rilisnya, Jumat (12/4/2019).

Lebih lanjut ia menuturkan langkah-langkah yang diambil oleh PMC Unhas adalah menerapkan standarisasi syarat administrasi akreditasi dan juga mendorong indeksasi. Kedua indikator ini sama pentingnya. “Setiap jurnal diwajibkan memenuhi syarat administrasi agar dapat diusulkan untuk akreditasi. Selain itu, mengingat sekarang ini jurnal-jurnal telah berbasis online, maka indeksasi juga sama pentingnya,” tuturnya.

Sementara, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA menyambut baik capaian akreditasi jurnal ini. Ia berharap, jurnal-jurnal yang terakreditasi SINTA itu ada di setiap fakultas. Hal ini mengingat pentingnya jurnal bagi perkembangan ilmu pengetahuan. “Setiap dosen itu wajib meneliti. Hasil penelitian itu harus dipublikasikan, tentu saja melalui jurnal ilmiah. Kualitas suatu jurnal dilihat dari seberapa besar artikel-artikel di jurnal itu disitasi atau dikutip oleh penulis dan peneliti lain. Itulah pentingnya jurnal yang terakreditasi,” kata Prof. Dwia. Saat ini, seluruh 16 fakultas di Unhas telah memiliki jurnal ilmiah. Akan tetapi, baru sembilan fakultas yang memiliki jurnal ilmiah terakreditasi SINTA.

Diketahui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) meluncurkan SINTA sejak tahun 2017. SINTA merupakan portal yang berisi pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal dan kinerja institusi untuk mendorong budaya publikasi ilmiah. Untuk melaksanakan mandat tersebut, SINTA menerbitkan hasil asesmen terhadap jurnal-jurnal terbitan dalam negeri yang dikategorikan dalam 6 peringkat, yaitu Sinta satu (yang terbaik) hingga Sinta 6. Hasil pemeringkatan ini diumumkan secara reguler.

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Tiga Jurnal Universitas Hasanuddin Kembali Raih Akreditasi SINTA, http://makassar.tribunnews.com/2019/04/12/tiga-jurnal-universitas-hasanuddin-kembali-raih-akreditasi-sinta.
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasrul

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tautan Akun

Masuk Akun Portal

Portal Akademik

Sistem Informasi Akademik

Info Akademik

LMS Unhas

LMS

Apps Unhas

Apps

Single sign on

SSO

Masuk Akun Webmail Unhas

Webmail

Masuk Akun Simlitabmas

Simlitab mas

Arsip

 

Alumni Geofisika

 

Alumni GF

Alumni

Kuesioner Pelacakan Alumni

Lacak.

Penilaian alumni oleh atasan

Pen. Atasan.