Monev Perkuliahan

  1. TUJUAN

URAIAN PROSEDUR

  1. Paling lambat seminggu sebelum kegiatan perkuliahan dimulai,Tim MONEV Perkuliahan, menyampaikan ke Koordinator Pengampu Mata Kuliah untuk melaporkan rencana perkuliahan dan praktikum 16 minggu ke depan,
  2. Paling lambat seminggu sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, Tim MONEV Perkuliahan menghimbau ke setiap Dosen Pengampu Mata Kuliah untuk mengunggah bahan perkuliahan ke LMS, (kegiatan ini dapat dilakukan secara bertahap, akan tetapi sudah mendesak untuk segera dimulai dan diterapkan)
  3. Monitoring Proses Belajar Mengajar bagi mahasiswa dan dosen dilaksanakan di ruang kuliah berdasarkan jadwal matakuliah dengan mengisi daftar hadir dosen dan mahasiswa. Dosen diharapkan mengecek kehadiran mahasiswa di kelas dan memberi tanda pada ‘Lembar Monitoring Perkuliahan’.
  4. Tim MONEV Perkuliahan memasukkan data kehadiran mahasiswa dan dosen masing-masing matakuliah ke Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk setiap matakuliah, setiap hari kerja.
  5. Tim MONEV Perkuliahan menyampaikan monitoring perkuliahan yang meliputi jumlah perkuliahan yang terlaksana, kehadiran dosen dan peserta matakuliah, sesuai data di SIM dan daftar hadir perkuliahan ke Jurusan.
  6. Monev Perkuliahan yang telah diverifikasi oleh Ketua Jurusan disampaikan ke Bagian Akademik Fakultas untuk disampaikan ke Biro Akademik Universitas, setiap minggu.
  7. Pada minggu ke-16 perkuliahan, tenaga kependidikan melaporkan kondisi pelaksanaan perkuliahan termasuk jumlah perkuliahan yang terlaksana, kehadiran dosen dan kehadiran peserta matakuliah ke Tim MONEV Perkuliahan untuk disampaikan pada rapat rutin Jurusan.
  8. Pada minggu ke-16, Tim MONEV Perkuliahan menyampaiakan nama-nama mahasiswa yang kehadirannya dalam perkuliahan kurang dari 80%, dan secara langsung dinyatakan tidak berhak mengikuti ujian akhir. Ketua jurusan juga menyampaikan nama-nama matakuliah dan dosen pengampu mata kuliah dengan kehadiran kurang dari 16 kali,
  9. Pada minggu ke-15, dan 16, tenaga kependidikan mengelola “Lembar Kuisioner Evaluasi Perkuliahan” yang telah disediakan oleh LKPP untuk diisi oleh mahasiswa per dosen per matakuliah.
  10. Program Studi merekapitulasi dan melaporkan hasil Evaluasi Perkuliahan dari mahasiswa ke Tim MONEV Perkuliahan untuk diteruskan ke LKPP.
  11. Tim MONEV Perkuliahan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kinerja dosen dalam kegiatan perkuliahan melalui LMS.
  12. Tim MONEV perkuliahan menyampaikan hasil evaluasi kuisioner pada rapat rutin jurusan setelah semester berakhir atau sebelum semester selanjutnya dimulai.

KETENTUAN UMUM

  1. Peserta matakuliah adalah mahasiswa yang terdaftar dan dibuktikan dengan Kartu Rencana Studi (KRS) semester yang berjalan,
  2. Learning Management System (LMS) adalah sistem pembelajaran yang digunakan di lingkungan Universitas Hasanuddin,
  3. Kuliah adalah proses pembelajaran dari matakuliah yang disajikan pada semester berjalan, sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan,
  4. Dosen pengampu matakuliah adalah tenaga pendidik yang ditugasi dan melaksanakan kegiatan perkuliahan pada matakuliah yang diselenggarakan pada semester berjalan dan di SK-kan oleh dekan
  5. Materi perkuliahan adalah bahan ajar dalam bentuk power point, modul, buku ajar, dan sejenisnya, yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam kegiatan proses belajar mengajar dan dapat dimonitoring dan dievalusikualitas dan keberadaannya oleh TIM MONEV,
  6. Tenaga kependidikan Jurusan adalah staf administrasi di lingkungan fakulta

DEFINISI

  1. Monitoring perkuliahan/pembelajaran adalah kegiatan pemantuan terhadap kegiatan perkuliahan/pembelajaran agar pelaksanaannya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
  2. Evaluasi perkuliahan/pembelajaran berarti upaya menggali informasi terhadap proses dan hasil perkuliahan/pembelajaran untuk menilai kualitasnya dengan menggunakan pendekatan yang tepat

REFERENSI

  1. Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 1870/H4/P/2009 tentang Peraturan Akademik Universitas Hasanuddin.
  2. Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 3763/H4/P/2008 tentang Kebijakan Akademik Universitas Hasanuddin.
  3. Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 3762/H4/P/2008 tentang Standar Akademik Universitas Hasanuddin.
  4. Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 1870/H4/P/2009 tentang Peraturan Akademik Universitas Hasanuddin.
  5. Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor: 25000/UN4.1/OT.10/2016 tentang Organisasi Tata Kerja Fakultas dan Sekolah Universitas Hasanuddin
  6. SK Mendiknas No. 045/U/2002 tentang kurikulum Inti Pendidikan Tinggi
  7. Dokumen mutu ISO 9001:2015 Fakultas MIPA Unhas
  8. Manual Mutu FMIPA UNHAS.

Menjelaskan tata cara pelaksanaan monitoring dan evaluasi (MONEV) perkuliahan di lingkungan fakultas.

RUANG LINGKUP

  1. Sebagai pedoman bagi Tim MONEV Perkuliahan dalam melaksanakan pengawasan terhadap jalannya perkuliahan,
  2. Meningkatkan kualitas pengajaran dalam lingkup fakultas guna menghasilkan alumni yang berdaya saing tinggi.
  3. Monitoring dan Evaluasi perkuliahan/pembelajaran meliputi kehadiran kehadiran dosen, mahasiswa ketercapaian materi, serta penggunaan perangkat pembelajaran