Departemen Geofisika Bahas Implementasi Merdeka Belajar Melalui Temu Civitas Akademika

Sejak dikeluarkannya kebijakan pembelajaran daring bagi dosen dan mahasiswa oleh Rektor Universitas Hasanuddin yang tertuang dalam surat edaran nomor 8216/UN4.1/KP.10.01/2020 tanggal 25 Maret 2020, kegiatan perkuliahan Departemen Geofisika dilaksanakan secara online, dan seluruh kegiatan administrasi dilakukan melalui work from home. Sebagaimana diketahui bahwa perkembangan Covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan sangat signifikan, sehingga dibutuhkan langkah proaktif untuk menghentikan peredaran virus.

Hal tersebut menyebabkan beberapa kegiatan laboratorium yang mengharuskan mahasiswa untuk praktikum di lapangan menjadi terhambat. Sehingga hal ini menjadi pertimbangan Departemen Geofisika untuk kembali membuka kegiatan Temu Civitas Akademika yang membahas mengenai penyesuaian proses pembelajaran untuk semester ganjil T.A 2020/2021 khususnya mata kuliah yang mewajibkan praktikum.

TCA dengan tema Implementasi Merdeka Belajar ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting tanggal 10 Agustus 2020. Temu Civitas Akademika ini dihadiri Dekan Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin Dr.Eng. Amiruddin, M.Si, dan Ketua Departemen Geofisika Dr.Eng. Muh. Alimuddin Hamzah, M.Eng, beserta segenap dosen, staf akademik dan mahasiswa.

Hal-hal yang disampaikan oleh Ketua Departemen Geofisika pada kegiatan TCA ini yaitu kebijakan tetap melaksanakan perkuliahan secara daring, pengenalan penerapan kurikulum baru bagi mahasiswa, pelayanan administrasi yang sedapat mungkin dilaksanakan secara daring, rencana pengembangan Departemen Geofisika kedepannya, serta perkembangan persiapan Akreditasi ASIIN Departemen Geofisika. Ketua Departemen Geofisika juga mengeluarkan kebijakan penyesuaian praktikum laboratorium khususnya Kuliah Lapang dan mata kuliah lain yang akan dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan situasi pandemi.

Dalam kegiatan itu pula mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan, kritik, serta saran yang membangun untuk Departemen Geofisika kedepannya. Setelah diadakannya kegiatan ini, diharapkan Departemen Geofisika kedepannya menjadi lebih baik di berbagai aspek sehingga menghasilkan lulusan yang berkompeten dan unggul di bidangnya.