Virtual Workshop “Remote Sensing and GIS”

Himpunan Mahasiswa Geofisika (HMGF) FMIPA UNHAS bekerja sama dengan Society of Exploration Geophysicist Hasanuddin University Student Chapter (SEG SC UNHAS) mengadakan Virtual Workshop dengan tema “Remote Sensing dan GIS (Pengolahan Data Citra Satelit dan Tools Analisis Geospasial dalam Perencanaan Wilayah)”. Workshop ini diikuti 118 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan umum. Workshop ini berlangsung dalam dua sesi dengan materi yang berbeda, pada setiap sesi berlangsung selama dua hari, dimana hari pertama membahas teori terkait materi yang ditentukan dan hari kedua dilanjutkan kegiatan praktik software yang berhubungan dengaan materi yang disampaikan.

Acara pembukaan virtual workshop ini dilaksanakan pada hari ke-1 sesi pertama, yang dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen Geofisika, bapak Muhamamad Alimuddin Hamzah Assegaf, M.si, dan juga sambutan dari Faculty Advisor, bapak  Sabrianto  Aswad, S.Si.,M.T. Workshop ini didukung oleh Departemen Geofisika.

Sesi Pertama diadakan pada tanggal 25-26 Juni 2020 secara virtual melalui apikasi platform Zoom, pada sesi ini materi yang dibahas adalah “Pengolahan Data Citra Satelit (Dasar-Dasar Pre Processing Data Inderaja)” yang dibawakan oleh Athar Abdurrahman Bayanuddin, S.Si (Asisstant Researcherin Remote Sensing Ground Station of Pare-Pare, National Institutes of Aeronautics and Space LAPAN) software yang di praktikkan pada sesi ini yaitu QGIS (Quantum GIS).

Sesi Kedua diadakan pada tanggal 1-2 Agustus 2020, sesi ini membahas tentang “Tools Analisis Geospasial dalam perencanaan Wilayah” yang dibawakan oleh  Dr. Samsu Arif, M.si.(Head of Research Center and Regional Development, Spatial Planning and Spatial Information), adapun software yang dipraktikkan adalah penggunaan software ArcGIS.

Tak hanya dari Sulawesi, peserta workshop kali ini terdiri dari mahasiswa dari universitas yang berbeda dari UI, UGM, UNPAD, ITB dan masih banyak lagi.