Departemen Geofisika Laksanakan Pendampingan Aplikasi E-Learning SIKOLA

Sistem Kelola Pembelajaran (SIKOLA) Universitas Hasanuddin disiapkan untuk memudahkan dan memperlancar proses pembelajaran bagi seluruh civitas akademika Universitas Hasanuddin, baik itu dosen maupun mahasiswa. Sebelumnya, kegiatan launching penggunaan aplikasi SIKOLA ini telah dilaksanakan pada 11 Maret 2020 oleh Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu di Ruang Senat Akademik Unhas, Lt 2 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar.

Sebelumnya, Universitas Hasanuddin telah telah mengembangkan Learning Management System (LMS). Sehubungan dengan dikembangkannya LMS UNHAS, maka terhitung mulai semester akhir 2019-2020, aplikasi LMS yang dipakai di Unhas adalah SIKOLA dan LMS Unhas tidak disupport lagi. SIKOLA merupakan aplikasi Learning Management System (LMS) yang diperbaharui, dimana proses belajar mengajar dan interaksi antara dosen dan mahasiswa berlangsung secara online. SIKOLA memiliki alur pembelajaran yang mengatur dan memandu seluruh pengguna sistem untuk taat dan tertib dalam menjalankan proses pembelajaran.

Dengan adanya peralihan tersebut, Departemen Geofisika Universitas Hasanuddin mengadakan pendampingan secara online melalui Zoom Cloud Meeting pada tanggal 28 Juli yang dihadiri oleh dosen, staff akademik dan mahasiswa Departemen Geofisika.

Pendampingan ini menghadirkan dua Narasumber, yaitu:

  1. Dr. Paharuddin, M.Si [Dosen Departemen Geofisika, Universitas Hasanuddin]
  2. Dr. Sri Dewi Astuti, M.Si [Dosen Departemen Fisika, Universitas Hasanuddin]

Pendampingan dilaksanakan selama sehari. Dalam pendampingan tersebut, seluruh civitas akademika Departemen Geofisika diajarkan bagaimana mengoperasikan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi SIKOLA, seperti pembuatan kelas, pembuatan forum diskusi mahasiswa, tugas, dan fitur-fitur lainnya. Diharapkan dengan adanya pembimbingan ini, aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara daring dapat berjalan dengan baik.