Mahasiswa Geofisika Mengikuti IPTC Education Week 2020, Dammam, Saudi Arabia

International Petroleum Technology Conference atau IPTC 2020 adalah salah satu kegiatan berskala Internasional terbesar tahunan di dunia dalam membahas perkembangan minyak dan gas dalam berbagai aspek kehidupan. IPTC 2020 merupakan kegiatan yang dibuat bersama oleh SPE (Society of Petroleum Engineers), SEG (Society of Exploration Geophysicists), AAPG (American Association of Petroleum Geologists) dan EAGE (European Association of Geoscientists and Engineers) yang kini telah berjalan selama 12 tahun lamanya. Tahun ini, Dammam, Kingdom of Saudi Arabia menjadi tuan rumah di bawah sponsor ekslusif yaitu Saudi Aramco. Setelah di tahun sebelumnya yaitu Beijing, China. Salah satu rangkaian kegiatan dari IPTC 2020 adalah Education Week atau Pekan Pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa ting dalam lingkup Geosains seperti perminyakan, geofisika, geologi dan lainnya. IPTC Education Week 2020 diadakan selama 11-15 Januari 2020 bertempat di Le Meridien, Khobar serta Dhahran Expo. Selain memperluas pengetahuan terkait perkembangan minyak dan gas dunia, membuat koneksi serta pertemanan juga sebagai tempat dalam berbagi kultur budaya masing-masing Negara antara mahasiswa.

Sebanyak 97 mahasiswa dari 64 Universitas dan 29 Negara yang menjadi bagian dari IPTC Education Week 2020. Sebanyak 4 delegasi dari Indonesia. Salah satunya yaitu Dewi Ayu Swastika, mahasiswa Departemen Geofisika, Universitas Hasanuddin yang menjadi salah satu delegasi yang lolos seleksi dari pihak IPTC 2020 yang bersifat Fully Funded atau dibayarkan secara penuh.

Kegiatan yang dilakukan selama Education Week yang berlangsung selama 5 hari yaitu kuliah tamu oleh pembicara dari Saudi Aramco, tugas kelompok berupa Unlock Reservers dengan tujuan meningkatkan produksi minyak dan gas dari lapangan hingga fasilitas developing yang dipandu langsung oleh Schlumberger serta games Scavenger Hunt yang dimainkan dalam lingkup Exhibition di Dhahran Expo oleh masing-masing tim dengan mengambil foto, video bahkan menjawab beberapa soal serta mengunjungi booth-booth yang ada selama exhibition berlangsung. Adapun fieldtrip sehari dengan mengunjungi King Abdul Aziz Center for World Culture atau Ithra dan Al-Hasa yang membutuhkan waktu 2 jam dari Dammam.

Kegiatan ini ditutup bersamaan dengan berakhirnya IPTC 2020 di tanggal 15 Januari dan ditetapkan Negara Malaysia dengan sponsor ekslusif yaitu Petronas yang akan menjadi tuan rumah IPTC 2021.

Sesi dalam IPTC Education Week 2020 di Le Meridien Hotel, Khobar, Kingdom of Saudi Arabia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *