Ambassador Lecture Program 1 “Basic Geomechanics”

Ambassador Lecture Program  merupakan salah satu kegiatan kuliah tamu yang diakan setelah  Guest Lecture yang digelar oleh SPE Hasanuddin University Student Chapter. Ambassador Lecture Program  seri pertama ini dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019 bertempat di Lecture Theatre 2 FMIPA UNHAS. Dengan tema “Basic Geomechanics” menghadirkan pembicara bapak Dhanny Fadlan yang merupakan seorang Wellsite Geologist of Tunu Asset at Pertamina Hulu Mahakam.

Dalam kuliah tamu ini, dihadiri oleh bapak Sabrianto Aswad selaku Faculty Advisor SPE Hasanuddin University Student Chapter dan beberapa dosen dari Departemen Geofisika Unhas. Ambassador Lecture Kali ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa non Geofisika seperti Teknik Kelautan, Industri, Geologi dan Ekonomi.

Dalam kuliahnya, bapak Dhanny Fadlan memperkenalkan kepada peserta mengenai geomekanika yang merupakan salah satu cabang ilmu geologi yang membahas tentang bumi beserta dinamika yang terjadi didalamnya termasuk strain dan stress. Bapak Dhanny menjelaskan bagaimana Geomekanika ini juga merupakan studi integrasi dari pore pressure, stress dan sifat-sifat fisis reservoir, rekahan atau patahan alami, dan formasi pada lapisan penutup.

Dalam kuliah tamu kali ini, Basic geomechanics menjadi topic yang menarik untuk memberikan mahasiswa pengetahuan, agar kiranya masalah-masalah teknikal saat berada dilapangan minyak dan gas bumi dapat terselesaikan melalui pendekatan geomekanika. Didukung dengan pembawaan yang santai dalam membawakan materi, membuat peserta menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Ambassador Lecture Program Seri pertama ini ditutup dengan Pemberian momento dan sertifikat yang merupakan bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada bapak Dhanny Fadlan yang telah memberikan pengetahuan dan waktunya serta  menjadi tanda berakhirnya kuliah tamu kali ini