Mahasiswa Geofisika Mengikuti 2nd International Congress on Earth Sciences 2019 di Bali

Kegiatan 2nd ICES (International Congress on Earth Sciences) 2019 adalah kegiatan berskala Internasional tahunan yang untuk kedua kalinya dilaksanakan oleh Universitas Padjajaran sebagai tuan rumah dan bekerja sama dengan Universiti Brunei Darussalam beserta dukungan dari National Institute of Geological Sciences, University of the Philippines, Diliman. Kegiatan ini memiliki tujuan dalam membangun sebuah kongres dengan dampak mendalam dan tidak hanya terputus dalam bidang ilmu bumi saja, tapi juga termasuk dalam topik ilmiah modern dan tradisional yang berkembang pesat di kawasan Asia Tenggara. Serta sebagai platform ilmiah yang kuat untuk para Geosaintis di Asia Tenggara dan sekitarnya dalam bertukar ide dan jaringan untuk kolaborasi yang mendalam dan efektif satu sama lain di masa depan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18-20 November 2019 di Nusa Dua, Bali, Indonesia dengan berbagai keynote speaker kenamaan dari berbagai bidang research sciences. Salah satunya yaitu Prof. Robert Hall dan Prof. Luca Bindi. Tahun ini, Departemen Geofisika Universitas Hasanuddin mengirimkan 4 orang delegasinya yaitu Dewi Ayu Swastika dengan 1 paper, Sri Wahyuni dengan 1 paper serta Nurul Azizah Haris beserta Asriani dengan 1 Paper untuk mengikuti kegiatan presentasi oral paper.

Kegiatan ICES 2019 ini memiliki 2 jenis kegiatan yaitu presentasi oral paper dan poster. Delegasi Unhas sendiri mengikuti presentasi oral paper sebanyak 3 paper yang diikutikan dengan penerbitan akhir berupa jurnal berskala indeks Scopus. Ada total 4 tema yang diberikan dalam Internasional Kongres untuk paper dan poster yaitu Earth Surface Processes and Evolution, Modern Approaches in Applied Geology, Deep Earth: Experimental and Theoretical Advances, dan Emerging Trends in Environmental Geosciences. Semua yang berpartisipasi dalam presentasi paper maupun poster nantinya akan diterbitkan dalam total 4 jurnal berindeks Scopus yaitu Journal of Asian Earth Sciences, Frontiers in Earth Sciences, Scientia Bruneiana, dan Disaster Advances yang masing-masing memiliki rank Q1 hingga Q3.

Suasana Pembukaan 2nd Internasional Congress On Earth Sciences di Nusa Dua, Bali, Indonesia
Salah satu delegasi Unhas yaitu Dewi Ayu Swastika dalam saat membawakan presentasi paper miliknya
Seluruh delegasi Unhas yang berjumlah 4 delegasi dalam malam penutupan 2nd ICES 2019 di Nusa Dua, Bali, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *