GEODAY “Konsorsium Geosains Indonesia Timur” 2019

Program studi geofisika berkomitmen akan melaksanakan Seminar Nasional secara berkala setiap dua tahun. Pada tahun 2014 Departemen Geofisika telah melaksanakan Seminar Nasional Geofisika (SNG 2014) dan tahun 2016 (SNG 2016).

Namun ada yang berbeda dari pelaksanaan kegiatan tahunan Departemen Geofisika kali ini. Pada tanggal 23-26 Oktober 2019, Departemen geofisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin melaksanakan GEODAY 2019. Kegiatan geoday yang bertajuk Konsorsium Geosains Indonesia Timur ini merupakan salah satu kegiatan bertema Geosains yang dirangkaikan dengan Seminar Nasional Geofisika dan Workshop Geofisika Eksplorasi.

Workshop Geofisika Eksplorasi berlangsung selama tiga hari, dimulai pada tanggal 23-25 Oktober 2019. Pada workshop ini, Departemen geofisika bekerja sama dengan beberapa Universitas dan Instansi seperti Universitas Tadulako, Universitas Mulawarman, Universitas Lampung dan Universitas Negeri Makassar, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI).

Workshop ini berisi tentang pengenalan alat-alat yang digunakan dalam metode Geofisika untuk keperluan identifikasi struktur bawah permukaan bumi. Adapun metode-metode yang dibawakan adalah Seismik Refraksi, Ground Penetrating Radar (GPR), Geolistrik, Multichannel Analysis of Surface Wave (MASW), dan Microtremor. Alat-alat yang digunakan dalam metode-metode tersebut merupakan alat milik Departemen Geofisika Unhas dan juga alat yang didatangkan langsung dari beberapa Universitas.

Kegiatan workshop ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai alat-alat yang digunakan dalam metode geofisika serta memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai cara kerja alat dan penerapannya sehingga pada saat lulus, mahasiswa akan lebih siap untuk berkecimpung dalam dunia industri.

Pengambilan data dilakukan di sekitar gedung Teknik Non Reguler (TNR) FMIPA. Tidak hanya memperkenalkan alat untuk akuisisi data, setiap metode yang telah dilakukan pengukuran, juga akan diperkenalkan software untuk processing datanya sehingga nantinya akan memperlihatkan data hasil rekaman untuk keperluan interpretasi data.

Kegiatan geoday ditutup dengan pelaksaan Seminar Nasional Geofisika (SNG). Seminar ini menghadirkan pembicara yang ahli dibidangnya, yakni:

  1. Dr.Eng Dadang Ahmad Suriamihardja, M.Eng (Universitas Hasanuddin)
  2. Dr. Halmar Halide, M.Sc (Universitas Hasanuddin)
  3. Darmawan, S.Si, M.Si (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)
  4. Rustan Efendi, S.Si,MT (Universitas Tadulako)
Pembukaan Seminar Nasional Geoday oleh Ketua Departemen Geofisika Universitas Hasanuddin

Seminar Nasional Geofisika ini juga membuka kesempatan kepada mahasiswa dan kalangan profesional untuk mempresentasikan penelitian mereka dengan sub-topik:

  1. Metode-metode Seismik
  2. Geolistrik, Geomagnet dan Gravitasi
  3. Geofisika Dekat Permukaan
  4. Petrofisika
  5. Geoteknik
  6. Geofisika Reservoir
  7. Seismologi, Kegempaan dan Vulkanologi
  8. Meteorologi dan Klimatologi
  9. Oseanografi dan Lingkungan

Tiga penelitian terbaik akan dipublikasikan di Scopus, sedangkan penelitian terpilih akan dimasukkan dalam Jurnal geocelebes terakreditasi Sinta 4 dan penelitian lainnya akan diterbitkan dalam Proceding SNG 2019 (ISSN).

Sesi Presentasi Penelitian di Kelas Paralel

Seminar Nasional Geofisika merupakan sarana mempertemukan para profesional, peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian yang telah mereka laksanakan. Dengan demikian, melalui seminar ini, hasil-hasil penelitian dapat dipublikasikan secara luas kepada para pembaca. Secara umum, SNG dapat dimanfaatkan para peserta untuk memperoleh input yang berharga dari para pakar untuk pengembangan penelitian kedepan.

Melalui kegiatan GEODAY ini, diharapkan dapat membawa manfaat kepada para Staf Dosen dan Mahasiswa Geofiska FMIPA UNHAS untuk mendapatkan input dari luar dalam rangka pengembangan Departemen geofisika di masa mendatang. Selain itu, melalui SNG diharapakan dapat memberikan dorongan kepada para Staf Dosen Geofisika dan mahasiswa untuk terus melakukan penelitian dan mempublikasikannya pada event-event Seminar Nasional maupun Konferensi Internasional yang dapat memberikan nilai positif bagi Fakultas dan Universitas tentunya.

Aulia Puji Astuti [H061171017]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *