Guest Lecture 3 “Mahakam: Past, Present and Future”

Belum genap sebulan dari kuliah tamu ke 2 mengenai Drilling Fluids Technology for oil and gas eksploration, SPE Hasanuddin University Student Chapter kembali mengadakan kuliah tamu yang ke tiga dengan judul Mahakam Story: Past, Present and Future bertempat di Gedung Sciences Building lantai satu Universitas Hasanuddin yang di bawakan oleh bapak Eko Yudhi Purwanto selaku Head of Service Simulation and Reservoir Studies di Pertamina Hulu Mahakam.

Sesuai dengan tema Guest Lecture, pemateri membahas mengenai awal blok Mahakam mulai berkembang di Kalimantan Timur. Dulunya blok Mahakam ini dikelola oleh perusahaan asing yakni Total E&P Indonesia dan Inpex Corporation dan akhirnya berpindah ke PT Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina Hulu Mahakam.

Awalnya, ekpolrasi blok Mahakam dimulai dengan mengebor 6 sumur di lapangan Bekapai pada 1969 yang tak kunjung mendapatkan hasil yang positif. Namun pada saat pengboran yang ke 7, barulah ditemukan minyak dan gas bumi. Sejak keberhasilan eksplorasi pertama ini, minyak dan gas ditemukan di beberapa lapangan yakni Handil, Tambora, Tunu, Peciko, Sisi, Nubi dan South Mahakam.

Blok Mahakam ini merupakan salah satu produsen gas terbesar di Indonesia. Sejak 1974, blok Mahakam diperkirakan telah memberikan kontribusi sebesar 34% dari total pasokan energi minyak dan gas bumi skala nasional.

Ditengah pembahasan, pemateri mengatakan bahwa dulu orang dengan tipe I profile sangat di butuhkan. Yang artinya adalah orang yang betul-betul ahli di bidangnya dan hanya fokus pada satu bidang artinya hanya bersifat vertikal. Tapi sekarang dengan berkembangnya teknologi dan informasi semakin mudah di dapatkan, tantangan semakin bertambah dan menuntut untuk setiap individu tidak hanya ahli pada satu bidang tapi juga memiliki tambahan keahlian yang sifatnya horizontal. Orang yang seperti ini disebut dengan orang tipe T profile, tidak hanya memilki keahlian secara vertikal tetapi juga memilki keahlian yang horizontal.

Pembahasan ini erat kaitannya dengan materi yang di bawakan, bahwasanya perjalan panjang dari eksplorasi dan ekploitasi mahakam tidak semata mata berfokus pada pengerjaan sumur yang ada. Akan tetapi terus dilakukan eksplorasi dan proses pengembang blok-blok dengan pengembangan teknologi yang terus berkembang yang bisa kita lihat sekarang, dari awal mahakam yang masih dikelolah oleh Total E&P telah di ambil alih oleh perusahaan BUMN tepatnya PT Pertamina.

Materi yang dibawakan di sambut baik dengan antusia para peserta dalam meberikan pertanyaan. Peserta guest lecture kali ini sangat beragam, bukan hanya dari geofisika melainkan dari teknik geologi, teknik pertambangan, hingga teknik kelautan.

Kuliah tamu di tutup dengan pemberian momento sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pemateri serta diakhiri dengan sesi foto bersama oleh pemateri dan dosen-dosen Geofisika Universitas Hasanuddin serta peserta kuliah tamu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *