Guest Lecture 2 “Drilling Fluids Technology for Oil and Gas Exploration”

Guest Lecture 2 dengan tema Drilling Fluids Technology for oil and gas eksploration baru saja digelar oleh SPE Hasanuddin University Student Chapter pada sabtu 21 september 2019 di gedung IPTEKS Universitas Hasanuddin yang menghadirkan pembicara yang sangat berpengalaman dibidangnnya yakni Ir.H Deddy Hidayat MM.

Kegiatan pertambangan minyak dan gas tidak hanya di lakukan di darat (onshore) tetapi juga dilakukan di lepas pantai (offshore). Saat ini kegiatan pertambangan minyak dan gas di onshore khususnya di Indonesia  sudah menurun intensitasnya dan mulai mengarah kepada pencarian sumber-sumber minyak dan gas baru di daerah lepas pantai atau offshore bahkan sampai ke laut dalam (deepsea).

Kemajuan teknologi sangat memainkan peranan penting dalam memenuhi perminyaan energi yang terus-menerus membesar. Kemajuan teknologi inilah yang memungkinkan manusia untuk menenmukan sumber energi baru.

Oleh karena itu, Drilling Fluids Technoloy merupakan menjadi sebuah topik yang tepat di ambil, untuk memberikan mahasiswa pengetahuan bagaimana sebenarnya teknologi baru yang dikembangkan oleh industri minyak dan gas untuk tetap menjaga ketersediaan pasokan minyak dan gas.

Guest lecture kali ini wawasan kita tentang fungsi utama teknologi driling fluids yakni menjaga kestabilan tekanan hidrostatik agar formasi fluida tidak masuk ke dalam lubang sumur, bagaimana menjaga drill bit agar tetap dingin dan bersih selama pengeboran, mengangkat naik drill cutting dan menangguhkan sementara proses pengeboran saat alat pengeboran di bawah masuk dan keluar dari lubang bor. Hingga mempelajari cairan yang  digunakan untuk membantu proses pengeboran atau yang disebut mud serta sampai pada tahap penyelesaian sumur.

Selain itu sharing pengalaman pemateri mengenai bagaimana tantangan bekerja di dunia oli and gas tak kalah menariknya. Beliau juga dengan penuh semangat memberi motivasi agar mahasiswa khususnya berasal dari indonesia bagian timur dapat bersaing dan tidak kalah pengalamannya dengan mahasiswa lainnya di indonesia bagian barat.

Kuliah tamu ini di akhiri dengan pemberian momento sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada bapak pemateri yang telah power full membagi ilmu dan pengalamannya kepada seluruh peserta.