2018 SEG/Chevron Student Leadership Symposium In Anaheim, California, USA

Kegiatan SEG/Chevron Student Leadership Symposium adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh SEG (Society of Exploration Geophysicists) dan disponsori oleh Chevron yang merupakan bagian dari program SEG Travel Grants, program dari SEG untuk para mahasiswa dan lulusan baru yang memiliki kesempatan untuk belajar pengetahuan geofisika terdepan, bertemu calon perusahaan yang berpotensial bagi kariernya, mengunjungi dan bertatap muka langsung dengan individu yang memiliki profesi geofisika yang mereka pilih dari berbagai belahan dunia, dan melihat semua industri yang ditawarkan saat menghadiri pertemuan tahunan SEG dengan pembiayaan fully funded. Salah satu bagian dari SEG Travel Grants ialah “2018 SEG/Chevron Student Leadership Symposium”  atau Simposium Kepemimpinan Mahasiswa SEG yang bekerjasama dengan Chevron. Program SLS berfokus pada kepemimpinan, kerja tim, dan pengembangan keterampilan komunikasi untuk 50 peserta mahasiswa yang semuanya adalah petugas aktif dari SEG Student Chapter yang tersebar di seluruh universitas di dunia. Siswa yang menerima penghargaan perjalanan hibah dalam Program SLS ini berpartisipasi dalam program kepemimpinan yang diselenggarakan 12-18 Oktober 2018 di Anaheim, California, USA. Program SLS ini terfokus dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan bagi para petugas aktif SEG Student Chapter Universitas yang terpilih, presentasi praktik dari Student Chapter terbaik yang terpilih, pembinaan kepemimpinan profesional, aktivitas pembentukan tim yang terorganisir, dan Sesi Pemecahan Masalah Strategis dengan Komite Eksekutif SEG secara langsung.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 12-18 Oktober 2018 di Hilton hotel dan Ananheim Convention Center, Anaheim, California, USA. Delegasi SEG UNHAS SC untuk pertama kalinya berhasil meloloskan delegasinya yaitu Dewi Ayu Swastika, mahasiswi geofisika angkatan 2015 untuk mengikuti kegiatan ini.

Selain mengikuti kegiatan Student Leadership Symposium selama 2 hari, 50 mahasiswa yang terpilih juga berkesempatan untuk mengikuti The 88h International Exposition and SEG Annual Meeting 2018 yang diadakan di Ananheim Convention Center, Anaheim, CA, USA. Exposition ini adalah acara tahunan yang diadakan oleh SEG dalam rangka memperkenalkan dan mempresentasikan  ribuan  inovasi teknologi geofisika terakhir dengan menampilkan, ratusan technical session, 200 exhibitors dari oil and gas industry, dan yang dihadiri oleh ±5000 pengunjung dari 70 negara.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa dan sikap kepemimpinan serta kompetitf yang kuat dalam diri, mampu membuat ikatan maupun koneksi yang kuat antar mahasiswa maupun perusahaan-perusahaan besar dalam bidang geofisika di seluruh dunia serta memperkaya pengetahuan dalam komunikasi berbahasa inggris dan melakukan pertukaran budaya serta memperkenalkan Student Chapter Universitas terkait.

Pembicara di tahun 2018 terkait presentasi SEG UNHAS SC dan data kerja praktik di Internasional Booth pada SEG Annual Meeting mewakili SEG Asia Pasicif.

Sesi perkenalan Indonesia di Student Leadership Symposium sebagai pertukaran budaya.

 

Salah satu potret kegiatan SLS sebagai sebuah team dalam kasus pemecahan ekonomi petrofisika

Dewi Ayu Swastika [H22115015]